Alhamdulillah, hari ini selesai

Alhamdulillah ada 2 hal yang saya selesaikan pada hari ini. Salah satunya adalah saya menyelesaikan part-time mengajar bahasa Indonesia di salah satu perusahaan jepang yang bergerak di bidang IT berkantor di daerah Shinjuku. Yang kedua adalah hari ini saya menerima hasil studi saya selama 2 tahun saya belajar di senmongakkou. Alhamdulillah hasilnya tidak jelek.
Pengalaman saya mengajar bahasa Indonesia bermula sejak sekitar 3 bulan yang lalu. Kalau tidak salah bulan November tahun 2007. Saat itu saya mendapat tawaran dari salah satu junior saya untuk menjadi pengajar pengganti pada sebuah kelompok belajar bahasa Indonesia. Semacam perkumpulan belajar bagi orang-orang Jepang walau orang asing pun bisa ikut. Salah satu murid saya bahkan orang asing. Alhamdulillah saya masih mengajar di kelompok itu sampai sekarang.
Awal saya mengajar bahasa Indonesia di perusahaan yang berkantor dekat dengan sekolah bahasa Jepang saya yang dulu adalah sejak saya mendapat informasi dari salah satu junior yang juga mendapat informasi dari salah seorang kenalannya bahwa salah satu perusahaan di Jepang ini sedang membutuhkan cepat guru yang bisa mengajar bahasa  Indonesia. Mendapat info peluang seperti itu langsung tidak saya sia-siakan. Saya langsung menghubungi orang dari perusahaan itu secara langsung lewat email. Alhamdulillah saya langsung mendapat balasan. Proses perkenalan saya dengan orang itu sangat singkat dan Alhamdulillah saya diberi kesempatan untuk menambah pengalaman saya mengajar bahasa Indonesia sebelum saya pindah ke Gunma.
Sejak awal saya tahu bahwa saya akan mengajar para karyawan Jepang yang tidak bisa disangsikan lagi kualitasnya. Lebih-lebih saya mendapat bayaran per jam yang lumayan buat tambahan tabungan. Oleh karena itu, saya berusaha semaksimal mungkin untuk bekerja profesional. Saya kasih tahu juga hal ini kepada teman saya yang akan menjadi rekan saya mengajar. Saya bergantian mengajar dengan dia. Seminggu 5 kali kami bagi berdua.
Di luar dugaan, murid-murid kami ternyata masih muda. Mungkin sekitar masih di bawah 30 tahun. Salah satu dari mereka yang bertemu dengan saya pertama kali adalah lulusan universitas di Amerika. Wow…tidak pernah menyangka saya akan mengajar salah seorang lulusan Amerika. Alhamdulillah proses belajar mengajar itu berjalan lancar. Bahkan di tengah pelajaran kami sering bercanda dan tertawa bersama walau saya tidak tahu pasti apa kesannya bagi mereka. Yang pasti saya enjoy dengan part-time saya ini. Saya ajarkan ke mereka juga lagu “Topi Saya Bundar” dan “Bintang Kecil”. Bagaimana ya kesan orang-orang Indonesia saat mereka mendengarkan teman-teman saya ini (saya menganggap mereka teman) menyanyikan lagu tersebut?
Hari ini hari terakhir saya mengajar. Katanya salah satu dari mereka akan segera pergi ke Indonesia. Mungkin untuk jangka waktu yang lumayan lama katanya walau masih belum tahu pasti. Saya agak khawatir bisa tidak ya dia mempraktekkan bahasa Indonesia yang saya ajarkan(*sensei* mode). Mungkin saja cara mengajar saya salah atau gimana. Semoga dia bisa beradaptasi dengan kebiasaan orang Indonesia.  Mereka berjanji sebelum dia pergi ke Indonesia. Saya akan diundang untuk acara soubetsu-kai. Acara perpisahan dengan makan bersama. Mereka merencanakan akan makan di restaurant Indonesia yang ada di Tokyo.
Kemudian mengenai hasil studi saya yang saya terima hari ini, Alhamdulilah lebih baik daripada hasil studi saya pada tahun pertama. Ada peningkatan. Saya berharap saya bisa meningkatkan belajar saya telah berada di universitas nanti. Saya mohon doa dan dukungan dari teman-teman. terima kasih.
senmongakkou : sekolah tinggi kejuruan, 2-3 tahun setelah jenjang SMA
soubetsu-kai : pesta perpisahan

One comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s