Menunggu Perpanjangan Visa

Sudah sebulan lebih saya menunggu turunnya perpanjangan visa tinggal di Jepang selama 2 tahun(kalau saya tidak salah visa saya akan diperpanjang hingga 2 tahun). Namun, belum ada sama sekali kabarnya. Sudah 2 kali saya menelpon Sensei saya di sekolah saya yang lama Japan Electronics College 2 minggu yang lalu dan 3 minggu yang lalu, namun belum ada kabar katanya dari pihak Imigrasi Japan.

Jadi ceritanya begini. Adalah kewajiban atau keharusan bagi orang asing untuk memperpanjang visanya sebelum visa tersebut habis masa berlakunya. Satu setengah bulan yang lalu saat saya masih dalam masa-masa kelulusan di Japan Electronics of College. Saya yang telah lulus ujian masuk ke universitas Gunma harus memperpanjang visa saya untuk masa berlaku 2 tahun. Karena saat itu saya masih tinggal di Tokyo belum pindah ke Gunma, Sensei saya memberi tahu saya memperpanjang visa tersebut di kantor Imigrasi Tokyo yang berada di Shinagawa.

Terus menurut Sensei saya, ada kemungkinan saya juga harus bolak balik ke kantor Imigrasi yang berada di Shinagawa, sementara saat saya bakal sudah pindah ke Gunma maka Sensei saya yang sangat baik itu menawarkan untuk membantu saya. Dia lah yang mewakili saya mengajukan peranjangan visa saya. Paspor saya pun dia pegang. Sebagai gantinya dia memberi surat tanda paspor saya di tangan dia dan dalam proses perpanjangan visa. Saat itu saya merasa sangat terbantu. Saya memperkirakan saya tidak perlu bolak balik Gunma-Tokyo yang membutuhkan sedikitnya 4 jam buat pulang pergi.

Alhamdulillah proses pindahan saya berjalan lancar. Kuliah pun udah hampir 3 minggu saya lewati. Sudah 2 kali saya menelpon Sensei say tersebut. Dua kali juga saya menerima jawaban yang sama. Beliau akan menghubungi saya saat ada kabar dari kantor Imigrasi. Kini sudah sebulan lebih sejak aplikasi perpanjangan visa saya diajukan ke kantor imigrasi di shinagawa. Belum ada kabar sama sekali.

Saya sama sekali tidak menduga kalau Sensei saya lupa atau berbohong. Saya mengenal sekali sifat beliau. Walau sudah agak berumur dia sangat bertanggung jawab dan selalu mengecek kembali apa yang dia kerjakan. Kira-kira seminggu yang lalu saya menerima kabar dari teman saya kalau perpanjangan visanya lewat kantor Imigrasi di Shinagawa, Tokyo juga belum turun. Saya mulai khawatir sebenarnya ada apa? Apakah kantor Imigrasi di Shinagawa, Tokyo sebegitu sibuknya karena kebetulan bulan Maret dan April adalah masa-masa bagi mahasiswa dan para pekerja asing untuk memperpanjang visanya. Salah satu teman saya yang memperpanjang visanya di kantor Imigrasi di perfektur Kanagawa karena memang wilayah dimana dia tinggal sudah masuk dalam perfektur Kanagawa telah menperoleh visanya yang telah diperpanjang beberapa minggu yang lalu. Mmmh..jadi semakin bingung. Andai dulu saya memperpanjang visa saya di kantor Imigrasi perfektur Gunma mungkin tidak selama ini?

Saya hanya bisa berdo`a semoga tidak ada masalah. Buat teman-teman yang membaca blogku mohon do`anya ya ^^.

One comment

  1. Hubungi aja
    – si sensei tersebut –> kasitau bahwa emang sudah sangat mendesak
    – kantor imigrasi Shinagawa –> Sapa tau emang ada masalah di sana?
    – kantor imigrasi Gunma –> tanyain syarat-syarat yang dibutuhin buat disini

    hehehe.. semangat om.. moga dimudahkan urusannya ya…

    makasih atas nasehat dan dukungannya, Syid. Alhamdulillah kemarin saya sudah mendapat kabar dari guruku bahwa visanya sudah jadi ^^”

Leave a Reply

