Silakan minum air PAM Jepang

Kali ini ingin membagi pengetahuan sedikit tentang mengapa air minum dari PAM di Jepang bisa diminum. Sesuatu yang mengejutkan mungkin bagi orang-orang asing. Di manapun di jepang seseorang bisa minum dengan bebas air yang keluar dari pipa di taman-taman, gedung-gedung, sekolah-sekolah, stasiun dan tempat lainnya. Khususnya bila Anda menjumpai alat minum otomatis yang diletakkan di berbagai tempat seperti stasiun, sekolah, gymnasium dan tempat-tempat lainnya, silakan aja jangan khawatir tuk mencoba kesegaran dan dinginnya air PAM jepang.

Sesungguhnya di Tokyo ada 2 buah sungai yang merupakan sumber air PAM utama. Namun, sumber air yang bertanggung jawab terhadap 80 persen aliran air PAM di Tokyo secara kualitas lebih buruk dibanding sumber air yang satunya. Nah, di sini lah saya ingin menceritakan sedikit rahasia yang digunakan oleh Jepang untuk membuat air PAM mereka layak dan aman di minum.

Pertama kali air dikumpulkan di suatu tempat dari sumber air. Campuran yang terkandung di dalam air dipisahkan dengan menggunakan suatu larutan kimia khusus yang dicampurkan ke dalamnya. Campuran yang telah dipisahkan dan menggumpal pada bagian bawah dibuang. Sampai di sini sudah dihasilkan air yang jernih dibandingkan air sungai.

Lalu air tersebut disaring dengan menggunakan lapisan pasir dan bebatuan yang telah disusun secara detail dan persis dengan susunan bebatuan yang ada di pegunungan tempat sumber air jernih. Di sini benar dihasilkan air yang jernih. Namun segini aja belum cukup untuk menghilangkan bau yang masih ada di dalam air digunakan suatu alat canggih. Dengan menggunakan alat tersebut air dicampur dengan dengan partikel ozon O3. Proses tersebut bertujuan untuk menghilangkan bau tidak sedap tersebut.

Mungkin Anda berpikir proses penjernihan air telah sempurna. Akan tetapi, untuk menjamin keamanan air yang mendukung kehidupan di salah satu kota tersibuk dan terbesar di dunia. Mungkin lebih tepatnya untuk menjamin keberlangsungan kehidupan dan kesejahteraan manusia diperlukan suatu sistem yang menjamin keamanan dan ke-hygiene-an air tersebut diperlukan pengawasan 24 jam sehari 365 hari setahun. Di sini air hasil penyaringan lewat proses di atas dialirkan ke suatu tempat yang telah diisi juga dengan ikan mas. Di sini lah rahasianya “ikan mas”. Di tempat tersebut dipasang sensor yang akan memantau gerak gerik ikan. Apabila ada sesuatu yang janggal atau aneh dalam ikan mas, maka sensor tersebut akan menangkap arus listrik dari ikan emas. Respon dari ikan mas tersebut diawasi dengan komputer dan juga direkam dengan kamera pengawas. Dengan ini racun atau bahan-bahan berbahaya bisa dihindari dan dicegah agar tidak mengalir ke saluran air PAM.

One comment

  1. heh? cuman gitu doang? lebih detailnya duonnggg!

    “iya mas, Andai tahu lebih banyak insyaAllah aku share, maklum pengetahuan masih cethek ^^”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s