Mencoba street viewnya google

Servis terbaru yang baru saja dirilis oleh google pada tanggal 5 bulan agustus ini mendapat perhatian media massa dan masyarakat. Layanan google tersebut bernama street view. Layanan tersebut meliputi kota Tokyo, Osaka, Sapporo, Hakodate, dan 12 kota-kota penting lainnya di Jepang. Kabarnya bersamaan dengan di Jepang di rilis juga layanan street view untuk wilayah Australia.

Seperti halnya di street view wilayah Amerika dan Kanada yang telah dirilis jauh hari sebelumnya, di Jepang layanan ini mulai menuai protes. Hal ini berkaitan dengan masalah privacy. Masyarakat Jepang sangat concern dan perhatian sekali mengenai masalah privacy ini. Di beberapa media di jepang ditulis bahwa beberapa orang telah menemukan foto isteri atau kerabatnya menggunakan street view ini. Tatanan taman yang indah dan menawan di depan rumah-rumah di Jepang bisa terlihat dengan jelas. Mungkin foto-foto seperti ini tidak menjadi masalah, tetapi mereka mengkhawatirkan bagaimana kalau foto pasangan yang masuk ke hotel atau pasangan yang sedang bermesraan serta foto lain yang tidak diingkan untuk ditampilkan di tempat umum terpajang di internet? Hal ini tentu pelanggaran privacy bagi mereka.

Pihak google sendiri telah membuyarkan wajah-wajah orang di fasilitasnya ini. Namun, bagi orang dekat dari bentuk badan dan cara gerak serta ciri-ciri khas lainnya foto seseorang di google ini masih bisa dikenali. Ini masih menjadi masalah dan perdebatan. Google sendiri menyediakan layanan telpon bagi mereka yang ingin fotonya dicopot.

Di luar kontroversi tersebut, sudah dua hari ini sejak dirilis saya mencoba fasilitas ini. Kemarin saya mencoba menelusuri jalan-jalan sekitar tempat tinggalku yang lama. Saya sungguh terpana betapa jelasnya foto-foto tersebut bahkan 360 derajat mendatar dan bisa juga di putar ke atas dan ke bawah. saya perkirakan setiap 10-20 meter foto diatur. Dengan menekan ikon yang ada kita bisa memilih maju atau mundur, belok pas dipersipangan. Tersedia juga ikon untuk membelokkan pandangan 360 derajat di sekitas kita dan ikon untuk melihat ke atas atau ke bawah. Semuanya terlihat jelas dari rerumputan, bangunan, kendaraan-kendaraan yang melintas dengan foto beresolusi yang cukup.

Kita bisa menikmati indahnya langit di mana saja kita dari layar komputer. Saya tidak bisa membayangkan hanya dengan hanya duduk di kamar kita bisa menjelajahi dunia. Menelusuri jalan-jalan dipenjuru dunia manapun sambil menemukan sesuatu-sesuatu yang mungkin belum pernah kita bayangkan sekalipun.

Google menyediakan fasilitas ini gratis. Sungguh bermanfaat sekali ini saat kita kebetulan akan mengunjungi suatu tempat untuk urusan bisnis, sekolah, liburan maupun sekedar jalan kita bisa mengecek tempat tersebut sebelumnya dengan ini. Hal ini tentunya bisa menghindarkan setiap orang dari tersesat. Mungkin suatu saat kita akan melupakan jawaban “maaf saya belum pernah ke sana, saya tidak tahu.” dan jawaban semacamnya. Hal ini tentunya menunggu sampai setiap sudut di bumi ini muncul di street view.

Segala sesuatu walaupun diniatkan untuk kebaikan, tidak menutup kemungkinan digunakan oleh para penjahat, kriminal maupun teroris dan pemberontak untuk mengecek dan bahan dalam menyusun rencana-rencana keji mereka. Hal ini yang dikhawatirkan oleh Amerika. Terus mengenai masalah privacy kita tunggu saja bagaimana raksasa perusahaan di bumi ini mengatasinya. Saya memperkirakan diperlukan teknologi baru untuk mengatasinya.

Saya yang dulu sering sekali memainkan game semacam Need For Speed, battlefield, F.E.A.R dan game-game canggih semacamnya langsung membayangkan bahwa background dari game tersebut bisa saja digantikan dengan foto-foto realistic setelah diolah menjadi ruang 3 dimensi. Kita tunggu saja teknologi baru yang akan mewujudkannya.

google street view

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s