Bolak-balik rumah, Lab, ATEC

Alhamdulillah. Hari ini saya begitu senang. Setelah bolak balik rumah, lab, ATEC(semacam advanced research center) terus menerus selama beberapa minggu, usaha saya tidak sia-sia. Alhamdulillah, sesuai dengan perkataan profesor saya dan sesuai dengan hipotesis saya. Saya berhasil selangkah dari beberapa tahap penelitian saya.

Menurut profesor saya ketika kita melihat suatu objek dg perbesaran semakin besar hingga puluhan ribu hingga ratusan ribu atau bahkan jutaan kali. Saat itu partikel yang terlihat sudah berukuran nanometer(sepermilyar meter). Dengan ukuran sekecil itu kita akan melihat debu yang saat kecil sekali dan kadang kita menemukan sesuatu yang tidak terlihat dengan mata telajang bahkan mikroskop cahaya yang paling canggih sekalipun. Yang paling menyenangkan bagiku saat kau memperkuat perbesaran kau memperkecil luas objek pengamatan hingga sekecil-kecilnya menuju ke suatu titik. Saat itu kau seolah-olah memakai teropong bintang mengamati luasnya angkasa. Banyak sekali debu-debu yang mulai bergerak keluar dr objek pengamatan kita dan muncul debu-debu lain yang lebih kecil seperti kristal yang keluar dari sebuah titik layaknya bintang-bintang yg bertebaran saat kita memperkuat perbesaran teropong bintang. Dalam wilayah pengamatan ukuran meter ukuran 1 cm persegi layaknya wilayah satu kecamatan kali saat perbesaran sekitar 100 ribu kali(seolah-olah). Rahasia-Nya sungguh tiada seorangpun yang bisa menyangkah. Subhanallah. Benar hari ini saya menggunakan JSM-6500F Field Emission SEM(Scanning Electron Microscope). Saya menemukan sesuatu yang tidak bisa saya amati dengan mikroskop cahaya dengan perbesaran hingga beberapa puluh ribu kali.

Tema penelitian saya berhubungan dengan kata kunci berikut: photovoltaic(solar) cell, self-assembly, dan quantum dot. Bulan depan InsyaAllah saya, profesor dan asisten profesor saya berencana mengadakan study banding ke pusat penelitian milik Toshiba. Saya berharap dengan keberhasilan hari ini tidak merubah rencana itu. Saya ingin melihat pusat penelitihan milik salah satu perusahaan terbesar di jepang. Saya ingin menimba ilmu dari sana. Saya harus memanfaatkan kesempatan tersebut baik-baik. Saya memohon kepada rekan-rekan yang punya pengalaman studi banding ke pusat penelitian agar bersedia membagi pengalamannya bisa langsung email kepada saya atau menulisnya lewat comment. Mohon do’anya juga agar penelitian saya berjalan lancar. Amin.

2 comments

Leave a Reply

