Pertama kali lihat my lovely Macbook hang

Tak disangka setelah hampir 3 hari macbookku saya pekerjakan alias belum saya matikan sejak hari jumat kemarin. Bahkan hari sabtu kemarin pas ke perpustakaan cuman saya taruh dalam kondisi sleep saja. Hari ini tiba-tiba saya dikejutkan dengan munculnya pesan seperti pada gambar berikut.
“You need to restart your computer. Hold down the Power button for several seconds or press Restart button.”(Pesan tersebut juga ditampilkan dalam 3 bahasa lain bahasa Jepang, Jerman(?), dan prancis(?).

Saya sudah coba dengan berbagai cara untuk menghilangkan jendela tersebut seperti dengan menekan tombol +option+esc bersamaan namun sama sekali tidak ada respon. Notebookku benar-benar mati. Hang. Aku bingung. Saya takut komputerku di-hack atau terkena virus. Bagi sahabat yang tahu atau pernah mengalami seperti itu saya akan sangat berterima kasih sekali kali kalau mau men-sharenya. Apa ya yang sebaiknya saya lakukan setelah mengalami kejadian tersebut perlukan men-scan dengan antivirus? Apa penyebabnya? Bagaimana mencegahnya? Semoga hal ini buka masalah yang serius.

Memang saat muncul pesan tersebut saya langsung memeriksa bagian bawah komputer saya. Memang sangat panas. Kebetulan notebook saya letakkan di atas meja berbahan plastik. Mejanya juga ikut panas. Mungkinkah ini tanda-tanda saya harus beli komputer baru. Kasihan juga notebook ini telah menemaniku selama 3 tahun mulai saya bawa ke hokkaido, kyushu, pulang kampung terakhir ke korea. Sekarang saatnya saya menurunkan sedikit beban darinya. InsyaAllah semoga ada rezeki. Kayaknya dia juga tiap hari udah mulai menangis sejak memasuki tahun ketiga bersamaku. Ada apa gerangan? Suara fan-nya sangat keras walau tidak sekeras komputer besar lawasku. mou chotto ganbatte ne. muri shinai de. toriaezu, otsukare ne my lovely macbook.

4 comments

    1. Terima kasih putri atas komentarnya.
      Beberapa solusi aku lakukan ntk mengatasinya walaupun tidak memperbaiki masalah utama yaitu suara fan yang berisik. itu di antaranya adalah.
      1. meng-uninstall beberapa program yang jarang dipakai dan memindahkan sebagian file ke hardisk luar. Sedikit banyak membantu karena mengurangi beban komputer dan memberi sedikit ruang ketika komputer bekerja dan membutuhkan virtual memory
      2. membersihkan komputer yg kotor terutama bagian keybord dan jendela fan di bagian belakang dengan gas penyemprot. Ini lumayan banyak karena mengurangi debu-debu yang menghalangi aliran udara dan menyimpan panas dari komputer.
      3. menggunakan program semacam Onyx ntk menghapus cache-cache file, error log, history file, dll, memperbaiki sistem, dan lain-lain. saya sarankan karena lumayan bagus kerja komputer setelah dilakukan.
      4. men-scan komputer kita dengan anti virus. Mungkin aja ada virus atau trojan yang membuat kerja komputer kita lambat.
      5. mengganti program-program berat dengan program yang lebih ringan.
      walau sedikit semoga bermanfaat ya buat putri.

Leave a Reply

