Ikut Ngeramein forum dan konferensi

Akhir2 ini ga tau habis waktunya, hampir ga ada waktu buat nulis blog. yg dlm bentuk draft pun udah ada 2 dan belum sempat saya selesaikan, bahasanya pun blm sempat diperbaiki.

Oh ya sekarang lg submit 2 abstract buat konferensi internasional AMDE, Advanced Micro-Device Engineering moga tembus dan bisa jadi paper. Judulnya masing

1. Self-Assembled nanodot fabrication by using diblock copolymer. (sbg author)

2. Guide Pattern for Long-Range-Order Nanofabrication of  Self-Assembled Block Copolymers. (sbg co-author)

mohon do’anya ya

ini cuplikan dr ikutan ngeramein forum PPI Jepang.

Assalamu’alaykum wr wb

Rekan-rekan PPI Jepang ysh
Saya sekarang lg belajar nanoteknology dg teknik self-assembly
bhs indonesianya mungkin perakitan otomatis(?). Saat ini udah
berhasil membuat nanodot dg diameter kira2 20 nm, dan pitch-nya
30 nm, dlm medium silikon 1×1 cm namun saya mengalami kesulitan
dlm mengukur ketinggian/ketebalan nanodot-nya mengingat gap antar
nanodot yg kecil. Saya saat ini memakai SPM JEOL-5200, AFM apa gitu
namanya, terus SEM JSM6500F, JEOL, Ltd jg dan satu lagi SEM jg.
Mungkin bagi rekan2 yg punya pengalaman dg ini. mohon share-nya.
Ada bbrp ide di kepala saya dlm menentukan ketinggian nanodotnya
Salah satunya memakai cantilever yg tip nya lebih kecil dr yg sekarang
diameter tipnya 9 nm an n typical rangenya sekitar 10 nm an, sudut rangenya 35 degree
mungkin saya butuh yg diameter tipnya sampai 5 nm shg rangenya bisa
6 nm an. atau ada alat atau metode lain yg bisa saya pakai?
silakan dilanjut aja di-thread ini ya

wassalam

Leave a Reply

