Presentasi Akhir

Alhamdulillah hari senin kemarin presentasi akhir saya untuk kelulusan S1 telah selesai. Presentasi itu berjudul pembuatan nanodot hasil perakitan diri menggunakan blok kopolimer. Dalam presentasi itu saya memaparkan hasil penelitian saya yang bertujuan membuat nanodot hasil perakitan diri menggunakan blok kopolimer dengan ukuran pitch lebih kecil dari 40 nm. Lebih kecil dari ukuran nanodot yang dibuat oleh Ion Bita sebagaimana dipublikasikan di majalah science tahun 2008 dimana ukuran pitchnya sebesar 40 nm dan diameternya sebesar 20 nm. Hasil akhir penelitian saya, saya telah berhasil membuat nanodot dengan ukuran pitch sebesar 33 nm dan 22 nm masing-masing dengan bahan yang ukuran molekulnya berbeda. Untuk ukuran pitch nanodot sebesar 33 nm diameter nanodot yang terbentuk sebesar 23 nm dan untuk ukuran pitch nanodot sebesar 22 nm diameter nanodot yang terbentuk sebesar 12 nm. Ukuran ini sangat kecil sehingga dengan ukuran sebesar ini kita mampu membuat hardisk ukuran 2,5 inch dengan kapasitas kira-kira sebesar 1,5 Terabyte. Dibanding dengan teknologi Electron Beam Lithography, teknologi perakitan diri ini sangat menjanjikan karena kemampuannya dalam menghasilkan nanodot dengan ukuran beberapa nanometer di atas permuakaan yang luas tanpa membutuhkan waktu yang lama hanya beberapa hari saja. Sebagai perbandingan untuk membuat sekeping hardisk 2,5 inchi dengan teknologi perakitan diri ini hanya butuh beberapa hari sedangkan dengan menggunakan teknologi Electron Beam lithography mebutuhkan waktu lebih dari 10 tahun (saya hitung berdasarkan pengalaman saya menggunakan teknologi tersebut dimana untuk membuat pola dengan pit 25 nm di atas bidang seluas 25 um x 25 um membutuhkan waktu selama 1 menit). Bisa kita bayangkan keunggulan teknologi perakitan diri ini. Berapa besar keuntungan ekonomi, penghematan energi, sumber daya manusia dan waktu dengan keunggulan tersebut. Kali ini saya membuat nanodot tersebut di atas silikon dengan ukuran 1 cm x 1 cm. Dengan ukuran sebesar itu silakan dihitung berapa jumlah nanodot dengan ukuran pitch sebesar 22 nm dan diameter sebesar 12 nm di atas permukaan seluas 1 cm x 1 cm😀

Hari berikutnya hari Selasa saya mempresentasikan lagi hasil penelitian saya bersama teman saya ke perusahaan yang menjadi rekanan saya dalam melakukan penelitian ini. Dengan bahan presentasi yang agak sedikit berubah menyesuaikan dengan kondisi pendengar saya yang merupakan para peneliti dari pusat penelitian salah satu perusahaan elektronik terkemuka di dunia itu. Tanggapan yang mengejutkan datang dari para peneliti itu. Para peneliti itu mengatakan bahwa walau sudah melakukan percobaan beberapa kali mereka belum pernah berhasil melakukan percobaan seperti yang telah kami berdua lakukan. Hal ini membuat kami terkejut karena kami melakukan ini baru pertama kali. Padahal waktu itu kami tidak mendapati salah satu larutan yang diperlukan untuk percobaan. Karena sudah mendekati hari presentasi saya memaksa teman saya menggunakan larutan yang ada yang mempunyai sifat yang sama berdasarkan teori-teori dan pendapat saya (saya pernah mengikuti anjuran para peneliti itu, tapi hasilnya malah gagal. Setelah 2 bulan saya kembali menggunakan metode saya sendiri). Alhamdulillah semuanya berkat Allah percobaan itu berhasil. Karena keberhasilan itu (pendapat saya sendiri mungkin), kerjasama kami dilanjutkan. 6 bulan lagi kami harus membuat perkembangan yang signifikan atas penelitian ini. Padahal 6 bulan ke depan saya harus mengambil mata kuliah s2 saya. Saya juga merencanakan liburan pulang ke kampung pada liburan musim panas. Suatu situasi yang sulit. Padahal untuk melakukan percobaan ini saja dibutuhkan wkatu 3 hari lebih. Mohon semangatnya dari rekan-rekan agar saya bisa menyelesaikannya sebelum liburan musim panas. Terima kasih.

Oh ya, selama seminggu ini saya juga harus menyelesaikan tulisan skripsi saya padahal saya lagi ga semangat. Mohon doanya

Leave a Reply

