Beasiswa belajar ke Jepang

berikut ada info beasiswa ke jepang yang bisa dicari lewat alamat website berikut.

http://beasiswa.ppijepang.org/

ini website yg berisi kumpulan info beasiswa ke jepang milik persatuan mahasiswa indonesia di sini. Website ini isinya cukup lengkap memuat hampir semua program beasiswa ke jepang yang dituliskan dalam bahasa Indonesia. Yang tentunya sangat bermanfaat bagi adik-adik SMA kita.

Berikut dokumen yang berisi data beasiswa untuk mahasiswa asing di Jepang. Silakan.

Daftar beasiswa untuk mahasiswa asing di Jepang.

Kumpulan Soal-soal dan Jawaban test beasiswa Monbusho ke Jepang selama beberapa tahun yang lalu.
http://www.studyjapan.go.jp/en/toj/toj0308e.html#1

Artikel cerita pengalaman mereka yang memperoleh beasiswa juga ditampilkan di website ini.

http://www.studyjapan.go.jp/in/index.html

ini website yg berisi seputar studi di jepang milik pemerintah jepang. Isinya sangat lengkap dari mulai pengurusan visa, jenis-jenis beasiswa, biaya hidup di jepang sampai info bagi alumni jepang.

Bagi mereka yang ingin melanjutkan pendidikan pascasarjana S2/S3 ke Jepang, link berikut saya kira sangat berharga untuk dikunjungi.

http://researchmap.jp/search/?lang=english

http://www.jst.go.jp/EN/database.html

Melalui website tersebut, kita bisa mencari profesor, institusi, maupun peneliti di jepang sesuai dengan kata kunci yang kita masukkan. Tentunya kita sebaiknya memasukkan kata kunci bidang atau tema penelitian kita. Misalnya, kita masukkan ‘forest conservation’.

Hasil dari pencariannya berubah list profesor, institusi, maupun para peneliti di jepang yang terdaftar di website tersebut. Sebagai contoh, dengan kata kunci ‘forest conservation’ saya mendapat 300 an peneliti, 40 an institusi dan sebagainya. Silakan dimanfaatkan.

Selain cara tersebut, kita bisa dengan mudah mencari professor atau institusi/departemen yang kita minati sesuai dengan minat kita dengan cara sebagai berikut.

  1. masukkan kata kunci bidang penelitian kita pada mesin pencari paper atau tulisan ilmiah. Ada banyak mensin pencari yang gratis seperti google scholar, elsevier, PubMed, JURN, sciencedirect, dan lain-lain.
  2. Temukan paper-paper yang sesuai dengan bidang kita. Kita tidak perlu mendonlot papernya untuk mengetahui nama penulisnya. Jadi, jurnal berbayar pun tidak mengapa menjadi sumber kita.
  3. Dapatkan nama penulisnya dan nama institusinya. Kalau ada beberapa penulis, biasanya nama penulis terakhir sebagai Professor. Bila bentuknya paper review, penulis pertama biasanya seorang Professor. Ada banyak kemungkinan.
  4. Berdasarkan nama penulis dan nama institusi yang kita dapat dari paper, konfirmasi keberadaannya melalui website resmi universitas atau institusi tersebut. Pastikan Professor atau penulisnya masih terdaftar di sana. Kadangkala Professor tersebut pindah atau sudah pensiun dan kemungkinan lainnya.
  5. Kirim email atau lakukan korespondensi melalui email atau nomer telpon resmi.

Berikut daftar mesin pencari paper di internet. https://en.wikipedia.org/wiki/List_of_academic_databases_and_search_engines

Website untuk mencari info seluruh sekolah atau institusi pendidikan di seluruh jepang. Mulai sekolah SD, SMA, Akademi (Senmongakko), Sekolah Tinggi (Kousen), Universitas, dst.

http://www.gakkou.net/

kalau ada info baru insyaAllah nanti saya perbarui.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s