Permasalahan seputar beasiswa Research Student S2/S3 Monbusho

Saya mencoba menjawab beberapa permasalah yang sering ditanyakan berkaitan dengan beasiswa Research Student Monbusho ke Jepang. Berikut info link beasiswa tersebut.
1)Haruskah saya punya kenalan profesor dari universitas jepang untuk mendaftar program ini?
Saat mendaftar program ini tidak ada keharusan punya kenalan professor atau calon univ yg akan dimasuki. Setelah diterima program ini, calon penerima bisa memanfaatin surat keterangan bakal menerima beasiswa monbusho ntk mencari professor dan kandidat professor yg akan dimasuki dan jadi pembimbing. Dengan bekal calon penerima beaiswa monbusho, calon penerima akan mudah dan didahulukan oleh univ dan professornya. 
Tentu saja, apabila sejak awal sdh punya kenalan professor atau calon univ tentu lebih besar kemungkinan diterimanya di program ini.
 
2)apakah surat rekomendasi harus dari dosen pada universitas saat S1?
Di dalam surat rekomendasinya tidak ada ketentuan dosen saat S1, hanya saja di dalamnya hrs ditulis hubungan lengkap dan detail perekomendasi dan orang tsb. Tentu saja, dosen pembimbing atau yg punya hubungan erat sangat bermanfaat.
 
3)apakah saya harus bisa berbahasa jepang?
Ga harus, ada 2 tes bhs jepang n Inggris. akan dipilih nilai yg paling tinggi di antara itu.
 
3)Dalam web dikatakan bahwa pendaftar harus mendaftar pada bidang studi yang sama. Saya memang ingin mendaftar di fakultas yang sama dengan S1 saya, tetapi sepertinya tidak ada bidang studi yang sesuai dengan topik skripsi yang saya ambil tahun kemarin. Mohon masukan rekan milis yang lebih mengerti atau mungkin pernah mengalami hal yang sama dengan saya
 
Saya kira persyaratan ini tdk ketat2 amat. Asal orang tsb bisa menjelaskan alasan yg logis saat wawancara atau dlm pengurusan dokumen, saya kira ok2 aja.
 
Mohon kiranya kalau ada yg lebih paham dan tahu untuk berbagi solusinya.
Semoga bermanfaat.

2 comments

  1. Kak, kalau S1-nya dari universitas swasta, misal:binus itu bisa dapat beasiswa s2 monbusho g sih kak?
    Dan apa mungkin saya bisa melanjutkan pendidikan s3 dgn beasiswa setelah s2 selesai?
    Thx..

Leave a Reply

