Pentingnya Kolom Agama/Kepercayaan di KTP

Saya menganggap pentingnya pencantuman kolom agama/kepercayaan di KTP.

Sejak awal pendirian NKRI sudah disetujui bahwa agama menjadi bagian terintegrasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Ini seperti yg diamanahkan oleh Pancasila sila ke-1 dan UUD 1945 pasal 29. Saya sebagai orang Islam dan WNI memerlukannya terutama dalam berhubungan di masyarakat untuk bermuamalah.

Penting dalam hal bermuamalah di masyarakat. Banyak sekali, misal dlm urusan pernikahan (mengecek agama pasangan), urusan pendidikan (pendaftaran guru agama dan pendidikan agama), dalam urusan zakat (mustahik), dalam urusan hukum ahli waris, pendaftaran haji, urusan halal-haram dalam penyembelihan, dst. Banyak sekali. Dihadapan hukum dan administrasi pemerintahan, bagaimanapun bukti resmi di atas hitam putih diperlukan dalam banyak hal. Silakan bagi yg beragama lain bisa menambahkan kalau merasa penting bagi agamanya.

Bagaimana dengan kasus diskriminasi berdasarkan agama. Diskriminasi ini ini sebenarnya hanya sebuah kasus, insidentil. Hanya terjadi dalam jumlah yang sedikit dan dalam ruang lingkup yang kecil. Semangat dan latar belakang pencantuman agama/kepercayan sebenarnya justru bertujuan untuk menjaga kerukunan. Hal insidentil yang kecil tidak bisa dijadikan landasan untuk hal besar secara keseluruhan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s