Kunjungan ke Museum Chester Beatty di Dublin, Irlandia

Alhamdulillah saya telah mengunjungi Museum/Perpustakaan Chester Beatty. Sebuah tempat yang harus dikunjungi di Irlandia. Ada satu lantai yang memajang koleksi benda/manuskrip bersejarah dari berbagai agama di dunia. Di ruangan tersebut ada 3 koridor utama. Koridor agama Nasrani, agama Islam, agama Budha. Yang paling besar adalah koridor agama Islam. Saya di sini mendapat kesempatan emas menyaksikan berbagai Al Qur’an zaman dulu yang ditulis dg tulisan teriluminasi. Memakai tinta emas yang berkilauan dangan ditulis dengan berbagai macam jenis karakter tulisan. Yang tertua berasal dari sekitar abad 2 Hijriah (abad 8 Masehi). Ada juga potongan injil tua yang dipahat pada kayu papirus dari abad 2 Masehi.

Selain itu, ada koleksi jg berbagai barang bersejarah dr peradaban Jepang dan masyarakat Batak dari Indonesia. Ada juga koleksi atlas dunia dari abad 15 Masehi karya pegawai VOC.

Lokasinya tepat berada di belakang Istana Dublin. Di tengah kota. Nama museum ini sendiri diambil dari nama kolektor terkenal dari Irlandia yang juga seorang milyader yang telah membangun dan mempersembahkan semua koleksinya untuk museum tersebut. Alfred Chester Beatty. Anda akan sangat menyesal bila ke Dublin tapi melewatkan museum ini. Sayang sekali saya tidak bisa membagi foto isi museumnya di sini karena memang tidak diperkenankan mengambil gambar/video di dalam museumnya.

Berikut alamat website museum tersebut. Silakan.

http://www.cbl.ie/

2 comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s