Bermain Basket sambil Ngobrol

Hari ini saya diajak 2 orang kenalan pemuda Amerika bermain basket di gereja. Awal ketemu mereka memperkenalkan diri sebagai misionaris yang ditugaskan di Jepang selama setahun.

Sudah 3 kali mereka mengajakku bermain basket bersama, baru kali ini saya bisa memenuhi ajakannya. Pas aku kesana, tempatnya sepi. Sepertinya mungkin karena hari ini di Jepang hari libur hari lahir kaisar.

Awalnya aku kira aku ga akan bisa mengimbangi permainan basket mereka. Mereka dari Amerika yg terkenal dg NBAnya. Apalagi mereka dari Utah yang terkenal dg klub NBA Utah Jazznya. Tetapi, tanpa disangka aku memenangi permainan basket yg mereka sebut X game. Hehe…

Setelah lelah kita bermain basket, kita duduk bersama di pinggiran gym yg ukurannya lumayan besar ntk fasilitas sebuah gereja di kota kecil ini. Sambil makan popcorn sisa nonton naruto tadi malam, kita ngobrol ngalor ngidul.

Awalnya kita berbincang tentang Indonesia. Lalu, mereka tertarik dg Islam yg merupakan agama Terbesar di Indonesia. Aku jelasin bahwa Islam percaya Allah swt yg Maha Esa, tdk beranak, percaya Nabi dari Adam sampai ibrahim AS, Isa AS ( Yesus bg mereka), hingga Muhammad SAW, percaya Malaikat, hari kiamat, dst. Kita jg memberikan selamat hari kelahiran nabi Isa AS tapi berbeda dg perayaan Natal umat Nasrani. Di akhir kita berkesimpulan kita mempunyai ajaran agama yang mirip.

Iya, mirip tapi tidak sama, menurutku. Sebagai umat muslim kita dituntut bermuamalah dengan akhlak yang terbaik tanpa membedakan agama atau asal usul.

Segarnya hari ini bisa olahraga dan eksperimen. Apalagi pulangnya udah dimasakin masakan enak. Lain kali maen lagi ah.

Leave a Reply

