Riset dan Politik, Kisah Mobil Listrik

Pak Dasep, pengusaha dan insinyur mobil listrik telah dijadikan tersangka karena mobil-mobil hasil risetnya ga berfungsi sebagaimana mestinya. Iya, menjadi tersangka karena proyek penelitiannya tidak berhasil sesuai yg diharapkan. Riset gagal lalu dianggap korupsi. Ditersangkakan. Sungguh aneh negara ini anak-anaknya yg berjuang ingin memajukan bangsanya dg menjadi entrepreneur teknologi malah dihancurkan.

Saya berusaha mencari alasan logis apa yg bisa membenarkan peristiwa ini. Kabarnya proyek pak Dasep ini salah karena dilakukan dg penunjukkan langsung. Tidak ditender. Kabar lain lagi, proyeknya dg dibiayai dg dana CSR. Pertanyaannya dana CSR apa harus ditender? Saya beluem pernah dengar dana CSR hrs ditender. Bagaimana dengan pemerintah daerah yg gencar memanfaatkan dana CSR. Apa ini jg mjd tindakan korupsi?

Tentu dlm kasus korupsi yg hrs diselidiki adl hakikat tindakan korupsi sendiri. Apa ada yg memanfaatkan uangnya masuk kantong pribadi. Kalau ada hrs ditindak. Tapi, kalau ditersangkakan gara-gara proyek risetnya gagal, bakal menjadi momok menakutkan bg generasi indonesia mendatang yg ingin memajukan bangsanya. Duh. Kemana menristek?

Ya, mungkin ada kesalahan lain dr proyek ini. Proyek ini berkembang karena dibopong politik. Tidak melalui sistem normal yg ada. Proyek yg dibopong politik atau kekuasaan hasilnya biasanya antara moncer karena politisi menang atau jalan ditempat karena politisinya gagal. Tapi, anehnya lg di Indonesia. Politisinya kalah, proyeknya sptnya akan dihancurkan berkeping-keping. Ada lagi. Politisinya menang, proyeknya mandeg ga ada kabarnya lagi. Bukan urusan saya. Duh.

One comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s