Megono Kacang & Bung

Megono Kacang & Bung

Megono Kacang & Bung

Megono adalah masakan rakyat khas Pekalongan yg hampir disajikan tiap pagi oleh segala lapisan masyarat bersama tempe dan tahu. Kita bisa membelinya di warung di hampir segala sudut kota kelahiran saya itu. Beberapa waktu lalu, Alhamdulillah isteri membawakan pesanan bumbu megono dr Pekalongan. Agar awet Mae(panggilan ibu dlm bhs jawa Pekalongan) menggoreng bumbu megono yg beliau buat.

Di Jepang kita tdk akan menemukan nangka muda sebagai bahan utama megono. Sebagai gantinya, hari ini saya coba membuat megono dr kacang panjang n bung (tunas muda bambu) yg mudah ditemukan di swalayan di sini.

Memasak megono kita harus mengukus bahannya dahulu hingga lembut. Kami ga punya alat kukus, saya pilih ntk menubis bahannya terlebih dahulu. Setelah kacang dan bung lembut ditumis, saya masukkan bumbu megononya. Saya orek-orek hingga bercampur dan merata. Saya tambahkan juga serbuk kelapa ntk penambah. Setelah muncul bau harum dan agak kering, siaplah megono buatan kami.

Megono Kacang n Bung siap dihidangkan.

Leave a Reply

