Jarak Aman Berkendaraan

Jarak aman berkendaraan. Warna hijau = jarak mobil berjalan selama 1 detik. Warna pink = jarak mobil berhenti saat mulai direm hingga ban berhenti.

Jarak aman berkendaraan. Warna hijau = jarak mobil berjalan selama 1 detik. Warna pink = jarak mobil berhenti saat mulai direm hingga ban berhenti.

Di Jepang kecepatan kendaraan sampai 60 km/h, jarak aman antar kendaraan adl kecepatan minus 15. Misal, 40 km/h jarak aman 25 m. Kalau kecepatan kendaraan 80 km/h atau kecepatan di jalan tol. Jarak aman antar kendaraan adl senilai kecepatan kendaraannya. Misal, 100km/h jarak amannya 100 m.

Sepengetahuan saya begini penghitungannya scr fisik. Penghitungan dr saat kita ingin mengerem (keinginan sendiri atau karena melihat kendaraan/sesuatu di depan berhenti atau mengganggu.

Total jarak berhenti= Jarak rem kosong + Jarak pengereman.

Jarak rem kosong = Jarak mobil berjalan dr muncul niat ngerem hingga mulai nginjak pedal,
Jarak pengereman = Jarak mobil bergerak mulai nginjak pedal hingga mobil berhenti

Manusia katakanlah butuh waktu satu detik ntk mengirip pesan keinginan ngerem ke tindakan nginjak pedal. Ingat waktu bervariasi tiap orang. Bervariasi jg tergantung kondisi kesehatan fisik dan mental saat itu. Dalam waktu satu detik mobil akan melaju 11.2 m bila kecepatan kendaraan kita 40 km/h. Makin cepat makin jauh.

Lalu yg kedua, waktu mulai nginja rem hingga berhenti. Ada 2 pembagian. Jarak ban hingga berhenti berputar sampai dan jarak yg ditempuh mobil slip. Makin cepat tentu makin panjang waktu yg ditempuh mobil ntk berhenti. Pengereman normal saat kecepatan 40 km/s, dr rem diinjak hingga berhenti tanpa slip mobil bergerak 11 m. Ini berarti dg kecepatan 40 km/h kita perlu mengambil jarak aman minimal 22 m.

Total jarak berhenti = Jarak rem kosong + (Jarak pengereman + Jarak slip)

Ref. saat kec 80 km/h mobil berjalan sepanjanh 22 m selama 1 detik. Ban berhenti berputar setelah 54 m dr mulai direm. Total butuh 76 m di luar mobil slip.

Perlu diingat pengereman yg mendadak sangat berbahaya. Direm mendadak, jarak mobil slip jg makin panjang. Jarak mobil slip jg sangat tergantung dg kondisi ban.

Saya rasa penghitungan lebih mudah pakai satuan jarak daripada waktu karena manusia cenderung lebih teliti menghitung jarak drpd waktu. Di Jepang, di jalan tol, ada tempat-tempat untuk menghitung jarak mobil kita dengan mobil di depan kita. Jalanannya ditandai dengan garis dengan jalan 40 meter, 80 meter, atau 50 meter dan 100 meter. Kira-kira bagaimana tindakan nyata polisi atau pengelola jalan tol di Indonesia untuk mengurangi angka kecelakaan spt di tol cipali. Tindakan hanya di lapangan selain hanya sekedar menghimbau, himbauan saja.

2 comments

  1. Betul sekali…. Bukan menghitung waktu dalam detik, tapi mengukur/memperkirakan jarak.
    Saya menemukan cara mengukur jarak dan sudah dipatenkan dengan nomor paten ID 0 001 402, Cara ….
    Kemudian dikembangkan lagi dengan pendaftaran paten nomor S-00 2013 00 306, dan terakhir dengan nomor pandaftaran P-00 2015 08 521.
    Nah, silahkan googling dengan keyword: sugiono, lipi, paten, jarak aman

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s