Playgroup di Jepang -baca tulis dan berhitung-

Hari ini kali kedua melakukan kunjungan ke playgroup atau hoikuen di Jepang. Sekedar untuk mengetahui suasana playgroup, kegiatan yang dilakukan, dan hal yang diajarkan di playgroup. Ada pikiran juga ntk menitipkan Anak kami ke playgroup setelah sedikit tambah besar.

Kali ini saya bertanya mengenai materi baca tulis yang diajarkan di playgroup. Menarik jawaban yang diberikan guru playgroup di sini. Sampai umur 5 tahun saat mereka akan selesai playgroup, anak-anak hanya diajari menulis dan membaca huruf hiragana serta angka satu sampai sepuluh. Mereka tidak diajarkan menulis kanji ataupun hitungan-hitungan yang rumit.

Ini tentu sangat berbeda dengan pengajaran TK yg lagi ngetren di Indonesia. Di Indonesia anak-anak katanya sudah dituntut bisa baca tulis dan berhitung saat mereka di TK. Bahkan katanya ada ujian masuk saat mereka akan masuk ke SD. Saya dengar banyak jg orang tua yg menuntut anaknya bisa baca tulis dan berhitung saat mereka balita. Bangga katanya. Makanya tdk heran kalau muncul TK yg menawarkan kurikulum ketat maupun SD yg menuntut calon muridnya bisa baca tulis terlebih dahulu.

Mendengar ini tentu kita ‘bangga’, sebagian anak2 balita Indonesia yg sdh bisa baca tulis dan berhitung sebelum mereka masuk SD. Hanya saja, kita bandingkan kamar anak Indonesia dan anak Jepang. Saya yakin anak2 Jepang sejak umur balita sudah bisa makan sendiri, ke toilet sendiri, ganti baju sendiri, merapikan baju sendiri, merapikan kamarnya sendiri, bisa membersihkan ruangan di rumah tanpa diminta, bisa tertib antri, bisa bekerja sama dg temannya menyelesaikan tugas bersama-sama. Mereka jg sdh siap sedia tahu apa yg dilakukan saat ada bencana. Yg pasti anak2 Jepang lebih mandiri dan tdk manja. Dan ini yg akan terpatri kepada mereka hingga dewasa shg mereka mampu menghadapi modernisasi dan globalisasi yg semakin menuntut persaingan ketat. Walaupun begitu, tentu ada jg kekurangan pendidikan di Jepang yg saya rasakan selama ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s