about me

Saya adalah seorang anak desa dari 2 orang tua yang sangat saya cintai. Saya mempunyai 1 adik perempuan dan 3 adik laki-laki yang semuanya sangat aku sayangi. Saya menghabiskan masa kecil hingga SMA di desa dan kota kecil bernama Pekalongan. Lulus SMA membuat saya harus hijrah ke kota Jakarta tuk berjuang bersama para calon PNS Depkeu di STAN Jurangmangu, Tangerang. Tetapi, akhirnya saya memutuskan memilih mencoba untuk mewujudkan cita-citaku dengan pergi ke Jepang dan belajar di Japan Electronics of College, Tokyo, sebagai salah seorang penerima beasiswa Monbukagakusho program D2.

Tiba di Jepang, selama setahun saya belajar bahasa Jepang di Bunka Institute of Language, Tokyo sebelum belajar di Japan Electronics of College selama 2 tahun program D2. Kemudian, saya meneruskan s1 di Universitas Gunma lewat program transfer(hennyuu) pada jurusana teknik Elektrik-Elektronik dan lulus dalam waktu 2 tahun. Setelah menamatkan program Master di tempat yang sama, saya melanjutkan program Doctoral pada jurusan Teknik Sistem Produksi Canggih. Sejak tahun kedua program doctoral saya diterima sebagai peneliti muda di JSPS. Tahun 2014 saya berhasil mendapatkan gelar Dr. Eng. setelah perjuangan selama 2 tahun.

Saya berafiliasi di laboratorium Prof Hosaka selama saya di Gunma University. Penelitian saya berhubungan dengan kata kunci berikut: nanoteknologi, sel surya, quantum dot, disk magnetik, dan perakitan otomatis dari block copolymer(self-assembly). Sejak kecil saya mempunyai cita-cita yang mungkin mustahil saya wujudkan karena saya pemalas dan sudah tidak suka lagi dengan membaca buku. Namun, saya tidak akan menyerah. Saya akan menjadi seorang Ilmuwan yang berguna bagi kehidupan umat manusia.

Saya melanjutkan sebagai peneliti program Post-doc PD di JSPS selama setahun. Saya sempat bekerja di perusahaan Jepang di bidang otomotif selama setahun.

Sekarang saya bekerja sebagai staf peneliti di Tokyo Institute of Technology. Alhamdulillah sekarang saya ditemani isteri tercinta saya yang selalu ada di samping saya dan bidadari kecil yang selalu membahagiakan kami berdua.

 

My page on LinkedIn is here

9 comments

  1. keluarga kamu koq mirip dgn kluargaku..
    bedanya kalo dikluargaku 1 cowo dgn 5 org cewe hehehe…

    “iya berkebalikan🙂 runia ya, salam kenal”

  2. Buat Mas Miftakhul Huda..
    di Kiryu Jepang.

    Motivasi Yg baik.
    Saya Sugiyono. guru di SMA,ngajar TIK (Komputer)
    ekstra Bahasa jepang..

    thn 1995/11/7 berang ke japang lewat magangan IMM(kensusei) pulang 1997 nop ( 2 tahun). agang di kontraktor di nagano, masuk seleksi di terima di INDOMOBIL kerjasama dgn Perusahan JIDECO Jepang. bagian dinamo wiper MOBIL. 1998 jan berangkat di fukusima 6 bulan training . 1999 berangkat lagi di yokohama 6 bulan training, pulang ke indonesia beroperasi di cikapek kawasan BUkit Indah. karena ada krisis, perusahaan jideco indenesia blum juga operasi.

    ada kendala dengan teman2 yg dari jepang. akhirnya saya kuliah di semarang ambil jurusan TI, coba ngajar cocok ambil Akta 4, skrg Alhamdulillah Sudah Jadi PNS Guru SMA.

    tapi masih punya cita2 pingin dapat beasiswa di jepang,, mohon & harapan kami bisa membantu utk mndptkan beasiswa atau informasi.

    sblum & sesudahnya terima kasih banyak.

    email: giyontik@gmail.com
    salam
    Sugiyono

  3. wah, keren profilnya, Kak.. ini kakaknya mbak Islah, ya?
    hehe.. salam kenal..😀
    saya juga pengin belajar di Jepang.. Ga harus belajar di Universitas, berguru langsung ma buku-buku di sana juga boleh..
    Terima kasih sudah berbagi info di sini.
    Blognya bermanfaat!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s